TRANSLATE

Thursday 13 September 2012

PIRANTI INPUT / OUTPUT

Piranti Input
    Macam-macam input device (alat masukan) komputer, yaitu :
Keyboard
Keyboard merupakan alat masukan data (input device) yang penting. Keyboard berfungsi untuk memasukan huruf, angka, karakter khusus dan melakukan instruksi-instruksi (perintah) lainnya.
Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
    Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol.saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut :
A. Alphanumeric Key
B. Numerik Keypad
C. Function Key
D. Modifier Key
E. Cursor Movement Key.
Secara fisik,macam-macam keyboard yaitu:                                                                             1. Keyboard Serial
Menggunakan DIN 5 male . digunakan pada komputer tipe AT.
2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX                                                                                  3. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat


Mouse
Mouse merupakan salah satu alat masukan yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.


   

         Mouse yang pada mulanya disebut “bug” atau dalam bahasa Indionesianya “kumbang”. Mouse pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator For A Display System).                              Macam-macam dari mouse adalah sebagai berikut :                                                                 
·         Mouse Bola
·         Mouse Optikal
·         Mouse Laser
·         Mouse modern
Scanner
Scanner adalah alat masukan yang dapat menyalin atau meng-copy gambar atau teks yang kemudian hasilnya langsung dtampilkan melalui monitor komputer dan selanjutnya gambar atau teks tersebut dapat ditambah, dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, dan dapat disimpan ke dalam harddisk dan media penyimpanan lainnya. Jika dilihat dari segi fungsinya scanner ini mirip seperti mesin fotocopy. Komponen – komponen Utama Scanner dari scanner adalah :
1.Charge-coupled device (CCD berfungsi sebagai sensor.
2. Stepper motor
3. Stabilizer bar
4.Mirrors
5.Scan head
6.Glass plate
7.Lamp
8.Lens
9.Cover
10Filters
11Belt
12Power supply
13Interface port(s)
14Control circuitry

Joystick
Joystick merupakan alat masukan yang dibuat dan di design untuk digunakan dalam permainan atau games komputer. Joy Stick mempunyai bentuk seperti tongkat dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam permainan atau games komputer tersebut, dan terbuat dari plastik.






Touchpad
Touchpad digunakan sebagai pengganti mouse. Dan fungsinya juga sama seperti mouse, yaitu untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Alat masukkan ini biasanya terdapat pada laptop dan notebook. Sedangkan penggunaannya menggunakan sentuhan jari. Selain touchpad, masih terdapat alat masukkan yang sejenis dengan mouse yaitu pointing stick dan trackbal.

Trackball                                                                                                     Trackball adalah alat petunjuk ang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Trackball umumnya terdapat pada tetikus modern. Trackball mensimulasikan pergerakan vertikal tetikus, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan/menurunkan layar.


Piranti Output
Monitor
Monitor; Piranti yang menghasilkan output berupa teks dan gambar gerak/diam.
Macam-macam monitor :
*      CGA (Clor Grafhic Adapter); 1981,memiliki 4 variasi warna dengan resolusi 320x200 pixel
*      EGA (Enhanced Graphic Adapter); 1984,memiliki 16 warna dengan reolusi 640x350 pixel
*      VGA (Video Grahic Adapter); 1987, digunakan pada mesin 386&486
*      SVGA (Super Video Graphic Array); 800x600 pixel,16 juta warna
*      XGA (Extended Graphic Array); 1024x768 pixel, 65.536 warna
*      SXGA (Super Extended Graphic Array); 1280x1024
*      UXGA (Ultra Extended Graphic Array); 1600x1200

Printer
Printer; untuk membuat cetakan pada kertas.Teknologi Pencetakan/Printer:
*      Teknologi Impact;
Printer Impact/Hammer:pencetakan dilakukan dengan memukulkan pin/jarum ke pita tinta, letak pin sangat berdekatan sehingga tampilan huruf tidak terputus
*      Printer Thermal
Printer thermal memerlukan kertas berlapis lilin/parafin dan panas yang akan membakar titik-titik pada kertas tersebut
*      Perinter Ink-Jet
Perinter yang memberikan cetakan dengan cara menyemprotkan titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas cetakan.




*      Perinter Laser
Harga relatif mahal, Printer laser sering disebut Printer Postscript (bahasa printer yang dikembangkan oleh adobe system yang memungkinkan tulisan di skalakan/ dapat diputar)


*      Perinter Multifungsi
Printer Multifungsi; printer yang memiliki fungsi tambahan seperti sebagai mesin fotocopy,scanner dan mesin fax dan Dapat menghemat biaya

Plotter
Plotter; piranti keluaran yang dapat menghasilkan grafik/gambar dengan kualitas tinggi/warna
Sering digunakan untuk membuat peta, gambar arsitektur, ilustrasi 3 dimensi dan berukuran lebih besar dari printer. Jenis Plotter berdsarkan prinsip kerja :
*      Plotter Elektrostatis
*      Plotter Thermal
*      Plotter Pemotong
*      Plotter Format Lebar

Speaker
   Speaker digunakan untuk menghasilkan suara.Di banding perangkat keluaran yang lain, speaker tidak pernah berkembang. Dari computer pc keluaran pertama hingga pc keluaran terakhir, menggunakan speaker yang sama, karena memang hanya membunyikan tit.
   Sekarang sudah banyak yang membuat perangkat tambahan berupa card yang di pasang di dalam motherboard. Card yang banyak di kenal adalah MPU 401, SOUND BLASTER, MICROSOFT SOUND, ADLIB, dan PRO AUDIO SPECTRUM. Harga card tersebut berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 800.000.

Proyektor
   Alat ini berbentuk sgi empat, diletakkan di atas overheard projector, dan mempunyai kabel yang di hubungkan dengan colokan monitor ( bias di computer desktop maupun notebook). Selanjutnya ia tinggal menggunakan computer seperti biasa.











No comments:

Post a Comment